Tragedi Pendidikan

Dear,

Enam gedung sekolah dasar terbakar dalam sebulan, demikian sebuah judul artikel yang menghampiri ruang baca saya hari ini.

Kebakaran adalah musibah yang bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan pada apa saja. Namun menjadi tidak umum, apabila kejadian kebakaran terjadi secara beruntun dalam waktu berdekatan dan menimpa objek yang sama di satu kota, dalam kasus ini yaitu institusi pendidikan sekolah dasar.

Sebenarnya saya sudah mendengar dan mengikuti peristiwa ini sejak beberapa waktu lalu melalui group WA almuni SMP dan SMA Katolik Palangkaraya, dimana saya menjadi member dua group tersebut. Dari foto – foto yang dipost kawan – kawan, saya bisa menyaksikan bagaimana api dengan ganasnya melumat bangunan gedung – gedung sekolah dasar itu. Miris, karena saya pernah menjadi bagian dari kota Palangkaraya semasa SMP hingga SMA saya. Kota yang begitu damai, kini dihentak oleh berita kebakaran beruntun sekolahan. Apa yang sedang terjadi di kota tempat saya pernah mengenyam pendidikan ? Sejauh ini tersiar kabar aparat telah menangkap terduga pelaku pembakar, seorang pemuda berusia 21 tahun.

SD Negeri 1 Palangkaraya, SD Negeri 4 Menteng di Jalan Thamrin, SD Negeri 4 Langkai Jumat, SD Negeri 1 Langkai, SD Negeri 5 Langkai, SD Negeri 8 Palangkaraya adalah saksi bisu peristiwa kebakaran sekolah dasar di Palangkaraya. Semoga tidak ada lagi peristiwa sekolah terbakar. Diperlukan kewaspadaan sinergis antara aparat dengan masyarakat termasuk juga peran serta para orang tua dan guru. Tidak adil rasanya bila keamanan dan pengamanan sekolahan kita percayakan pasrah sepenuhnya kepada seorang penjaga sekolah dengan segala keterbatasannya.

Sekolah Dasar adalah institusi pendidikan awal, tempat dimana para calon pemimpin negeri ini diperkenalkan dengan etiket dan dasar – dasar budi pekerti luhur. Marilah kita jaga bersama. Semoga aparat segera mampu mengungkap pelaku dan motifnya, sehingga tidak ada lagi kejadian kebakaran sekolah dasar dan institusi pendidikan lainnya baik di kota Palangkaraya maupun kota – kota lainnya.


Salam

Ben Sadhana 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s