Menjadi Pribadi Menarik Dengan Memaklumi Keunikan Lawan Bicara

commumicate2.jpg

Dearest all,

Tidak ada cara lain untuk menghindari agar tidak mengadakan kontak dengan orang lain setiap hari, kecuali menjadi seorang petapa; dan menjalani kontak ini merupakan kunci apakah Anda akan menyukainya atau tidak. Contoh cara paling umum yang Anda gunakan kalau berkontak dengan orang lain :

Anda bisa memendam pikiran dan perasaan jauh di dalam lubuk hati, dan sebaliknya perlihatkanlah senyum serta sikap menyenangkan. Anda bisa kumpul dengan orang lain yang juga menyembunyikan perasaan di dalam diri mereka. Kemudian setiap orang bisa berdiri dengan nyaman pada jarak aman dan melontarkan kata – kata tak berarti satu sama lain.

(Menurut Anda, apakah berdasarkan ilustrasi di atas sudah terbangun sebuah percakapan ?)

Hanya melontarkan kata – kata ke orang lain adalah cara menjalani hidup yang tidak berarti. Seperti memakan bagian tengah apel dan selanjutnya melemparkan buah itu.

Cobalah melakukan pendekatan yang lebih bermanfaat; jangan hanya melontarkan basa – basi, namun berilah respon terhadap keunikan setiap orang sebagai sebuah sosok. Cara paling gampang adalah dengan memberikan perhatian penuh untuk orang lain, dengan menempatkan perasaan dan pikiran mereka terlebih dahulu. Lakukan untuk beberapa waktu, dan dengan sendirinya Anda akan langsung bertanya kepada diri sendiri pertanyaan ini :

“Kepribadian seperti apa yang dimiliki teman bercakap saya ini ?” Anda bisa mengetahui hanya dengan mengamati bagaimana dia berbicara. Apakah dia percaya diri atau ragu – ragu, berdiam di suatu tempat saja atau suka kemana – mana, suka mengagumi diri sendiri atau rendah hati.

“Apa sikapnya yang paling umum ?” Anda bisa mengetahui dengan memperhatikan apakah dia seorang yang pesimis atau optimis, liberal atau konservatif, dan apakah dia dengan sendirinya mau menerima pendatang baru, hangat, atau gampang curiga.
“Saat ada pandangan baru masuk dalam percakapan, apakah reaksi pertamanya positif atau negatif.

Pertanyaan – pertanyaan seperti ini secara cepat memperkaya diri Anda dengan wawasan mengenai orang lain. Mudah merespon dan berbicara ke setiap orang yang baru Anda kenal dengan cara yang dia mengerti. Yang lebih penting, Anda akan menunjukkan melalui tindakan dan kata – kata bahwa Anda mengenali serta menghormati keunikan setiap orang. Lakukan ini dan sebagai balasannya, dia pasti menghormati dan menyukai Anda sebagai seseorang.

Kalau ingin merasa yakin bahwa Anda menciptakan kesan positif pada benak orang lain, bincangkanlah topik menarik bagi dirinya, bukan bagi Anda. Memang benar, mungkin harus membalikkan topik yang membosankan … namun waktu yang dihabiskan merupakan investasi bagus – memberikan kesan yang baik. Ambil contoh : seorang Sales Manager (sebut saja Mr. SL), berbicara dengan salah satu Teknisi senior di perusahaannya. Si Teknisi baru saja memecahkan masalah teknik yang sulit; dengan sendirinya dia antusias mengenai pemecahannya dan ingin membincangkannya secara terperinci. Soal pemecahan ini jelas tidak menarik bagi Mr. SL, namun waktu lima belas menit untuk mendengarkan dengan sungguh – sungguh membuat Mr. SL mendapat kesan baik dari si Teknisi. Bila di kemudian hari seorang pelanggan melemparkan masalah sulit ke Mr. SL, bisa dipastikan si Teknisi akan membantunya dengan senang hati.

Anda tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk membincangkan topik yang tidak menarik bagi orang lain; sesi selama sepuluh atau lima belas menit juga sudah cukup. Yang penting Anda bersedia mendengarkan, sehingga orang lain berpikir bahwa Anda adalah pecakap yang menarik.

Dengan menerapkan ketrampilan mengenali keunikan orang lain dan membincangkan topik yang menarik baginya, Anda mudah membangun sikap positif, yang membuat Anda menjadi pecakap produktif dan menarik.

Salam Gemilang,

Benedict Agung Widyatmoko
——
Disarikan dari : Membuat Percakapan Jadi Menarik, oleh : James A Morris, Jr.

Iklan

7 thoughts on “Menjadi Pribadi Menarik Dengan Memaklumi Keunikan Lawan Bicara

  1. Dearest Pak Rio,
    Terimakasih untuk masukan yang disampaikan.
    Senang sekali Pak Rio berkenan hadir di Rumah Sadhana, jangan kapok mampir ya 🙂

    Salam gemilang
    BAW

  2. makasih nih info yang sangat bagus untuk di baca dan di terapkan di masyarakat
    salam kenal yah…

    Sama-sama, terimakasih juga untuk atensi dan apresiasi yang disampaikan 🙂
    Salam kenal dari saya 🙂

    Salam hangat
    Ben

  3. well,
    good speaker is a good listener
    setuja pak !

    Halo Bung Sastra, apa kabar ?
    Terimakasih atensi dan apresiasinya 🙂

    Salam hangat
    Ben

  4. wah kunci permasalahan ku adalah bicara dgn org laen..setelah bc artikel ni memberiku motivasi untuk mulai bwergaul…

  5. Halo Kiki, selamat datang di Rumah Sadhana 🙂
    Terimakasih ya 🙂

    Salam gemilang

    BAW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s